Penyerapan Zat Gizi

By | 29/02/2016

Penyerapan Zat Gizi

Penyerapan Zat Gizi bertujuan agar zat gizi mudah diserrap oleh sirkulasi, makanan perlu dicerna. Proses mencerna ini melibatkan mekanis )mengunyah,pengaduak dalam lambung, gerakan otot peristatik) dan proses biokimiawi. Reaksi kimia dalam pencernaan memerlukan bantuan enzim sebagai katalisator untuk mempercepat reakasi  dan penambahan ait pada moleuk-molekul protein, karbohidrat, maupun lemak.

Penyerapan Zat GiziDengan demikian,makanan dapat dipeah-pecah menjadi zat-zat yang dapat dimanfaatkan oleh jaringan tubuh. Proses ini dikenal sebagai reaksi hidrolis, dengan hasil akhir pencernaan protein di pecah menjadi asam amino : Karbohidrat dipecah menjadi gula sederhana’ Fruktosa, gluktosa, dan lemak molekul. Penyerapan Zat Gizi Vitamin Dan Mineral

Penyerapan Zat Gizi Vitamin Dan Mineral

Penyerapan Zat Gizi

Vitamin dan mineral merupakan zat gizi yang penting bagi tubuh. Hampir seluruh vitamin berperan sebagai unsur enzim, sedangkan mineral berperan sebagai zat pembangun dan pelindung. Vitamin merupakan senyawa kimia dari zat organik alami yang dikandung oleh suatu makanan dalam jumlah sangat kecil, tetapi sangat penting untuk kehidupan dan pertumbuhan. Vitamin berfungsi sebagai pengatur pembangun srtruktur mulai dari sel hingga organ tubuh. Pada umumnya vitamin dibedakan menjadi dua kelomok, yakni vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E da K) serta vitamin yang larut dalam air vitamin B kompleks dan c. Vitamin yang larut dalam lemak diserap didaerah  usus dua belas jari dengan bantuan cariran empedu. Sebagian besar vitamin ini disimpan didalam hati.

Vitamin yang larut dalam air sangat mudah diserap, tetapi tubuh tidak menyimpan semuanya, hanya sebagian kecil. Kelebihan vitamin yang larut air akan dikeluarkan dari tubuh. karena itu, vitamin ini harus terkandung dalam menu makanan kita setiap hari.

Sementara itu, mineral, seperti zat besi (Fe) merupakan unsur penting dalam pembentukan haemoglobin darah, mioglobin otot, sitokrom, dan komponen lain dalam sistem pernapasan. Atas jasa zat-zat tersebut oksigen yang kita irup dapat melakukan fungsi oksidasi, yang selanjutnya akan menghasilkan energi.

Contoh Penyerapan Zat Gizi

Contohnya, kalsium (Ca) yang dikenal sebagai unsur pembentukan tulang juga berfungsi memelihara sistem saraf pusat dan proses pembekuan darah. Yodium (I) diperlukan dalam pembentukan hormon kelenjar tiroid yang mengatur metabolisme basal.

Begitulah Ulasan Singkat Dari Kami Yang Menjelaskan Tentang Penyerapan Zat Gizi , Semoga Info Ini Bermanfaat Dan Bisa Membantu ” Salam Sehat “

Posted by : Penyerapan Zat Gizi


@ copyright on 2016 Obat Vitiligo || http://www.obatvitiligoampuh.web.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *